Enter your keyword

Analisis Potensi dan Usulan Pengelolaan Jasa Ekosistem di Kawasan Cagar Alam Gunung Tilu Ciwidey

Analisis Potensi dan Usulan Pengelolaan Jasa Ekosistem di Kawasan Cagar Alam Gunung Tilu Ciwidey

Analisis Potensi dan Usulan Pengelolaan Jasa Ekosistem di Kawasan Cagar Alam Gunung Tilu Ciwidey


Cagar Alam Gunung Tilu (CAGT) di Jawa Barat merupakan kawasan yang berpotensi untuk menyediakan jasa ekosistem yang penting. Namun seperti kawasan cagar alam lainnya, CAGT tak terlepas dari permasalahan yang mengancam kelestarian ekosistemnya, terutama akibat aktivitas manusia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis potensi jasa ekosistem kawasan CAGT; (2) mengevaluasi kegiatan pengelolaan CAGT; dan (3) memberikan usulan strategi pengelolaan untuk jasa ekosistem potensial di kawasan CAGT.

Studi pendahuluan dilakukan untuk mengidentifikasi jenis jasa ekosistem potensial di kawasan CAGT dan menentukan metode penelitian selanjutnya. Jasa ekosistem potensial di kawasan CAGT yang teridentifikasi meliputi jasa hidrologi, jasa penyerapan karbon dan jasa penyediaan tumbuhan. Metode yang digunakan adalah penghitungan biaya pengadaan air dan Willingness to Pay (WTP) untuk analisis nilai jasa hidrologi; penghitungan dinamika cadangan karbon di tingkat bentang alam untuk analisis nilai jasa penyerapan karbon; dan penggunaan tabel identifikasi jenis manfaat jasa penyediaan dari tumbuhan SNI 8014:2014 untuk analisis jasa penyediaan tumbuhan. Pendekatan balanced scorecard dan pohon solusi digunakan untuk mengevaluasi dan menyusun strategi pengelolaan CAGT.

Hasil evaluasi pengelolaan kegiatan konservasi CAGT menunjukkan kurangnya efektivitas program. Hal ini dapat mengancam keberlanjutan ketersediaan jasa ekosistem di kawasan CAGT. Usulan strategi pengelolaan jasa ekosistem di kawasan CAGT meliputi: (1) rehabilitasi sumber air dan lahan terbuka di CAGT, (2) perbaikan sarana dan prasarana air bersih, (3) pengelolaan sampah, (4) pengelolaan limbah kotoran sapi, (5) penguatan kader konservasi dan (6) pengembangan usaha produktif bagi masyarakat sekitar CAGT.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

X