Enter your keyword

Informasi Penerimaan Mahasiswa

Alur Seleksi Mahasiswa Baru

Seleksi kelengkapan dokumen persyaratan, yang terdiri atas:
1. Ijazah/bukti kelulusan dari tahapan pendidikan sebelumnya,
2. Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya,
3. Surat pernyataan tujuan (statement of purpose),
4. Bukti kepemilikan asuransi,
5. Rekomendasi dari 2 orang (dosen atau atasan),
6. Surat kesediaan mengikuti Program Pascasarjana ITB,
7. Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Pascasarjana ITB,
8. Surat pernyataan keaslian dokumen,
9. Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB,
10. Seleksi kemampuan akademik yang dilaksanakan di program studi tujuan.

Calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman Registrasi dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

  1. Ijazah program sarjana asli. Bila ijazah belum diperoleh dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat Sarjana dan lulus minimum 144 SKS/lulus yudisium. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  2. Transkrip program sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  3. Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki asuransi kesehatan yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan. ITB menerima semua kelas BPJS/KIS. Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah kartu peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan tangkapan layar (screenshot) dari aplikasi JKN online. Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau tangkapan layar (screenshot) dari JKN online
  4. Pas foto
  5. Surat kesediaan mengikuti Program Magister ITB
  6. Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Magister ITB
  7. Surat pernyataan keaslian dokumen
  8. Pernyataan tujuan (statement of purpose) pelamaran Program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (statement of purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.
  9. Sertifikat TPA Bappenas asli. Persyaratan nilai TPA Bappenas minimum sebesar 475.
  10. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris asli, dalam bentuk :
    • TOEFL iBT (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL ITP (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 475, atau
    • TOEIC (diakui oleh ets.org) minimum sebesar 500, atau
    • IELTS (diakui oleh ielts.org) minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77
  11. Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah sebagai berikut:
    • Calon mahasiswa mengunggah dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang sesuai dengan ketentuan ITB di laman Registrasi pada masa pendaftaran calon mahasiswa ITB.
    • Dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes) pada 17 Agustus 2022.
    • Bagi pelamar program magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan sertifikat nilai TPA Bappenas asli digantikan dengan mengunggah portofolio
    •  Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas dan TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.
    • Berkenaan dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, khusus bagi calon mahasiswa yang mengalami kesulitan memperoleh dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB, dapat melengkapi kedua dokumen persyaratan tersebut pada tanggal yang dijanjikan calon mahasiswa di laman pendaftaran program Pascasarjana ITB.  Batas akhir pengunggahan dokumen TPA Bappenas dan dokumen TOEFL/IELTS/ELPT ITB adalah 31 Juli 2022 pukul 23.59 WIB. Harap menjadi perhatian, persyaratan pemenuhan TOEFL dan TPA bisa berubah sesuai kondisi. Calon mahasiswa diwajibkan memonitor pengumuman yang akan diberikan melalui laman https://admission.itb.ac.id.
    • Calon mahasiswa yang memerlukan informasi tes TPA Bappenas atau TOEFL ITP/ELTP dapat menghubungi laman berikut:
    • Proses seleksi mahasiswa pascasarjana ITB tidak terafiliasi dengan tempat tes di daftar ini kecuali hanya memberikan informasi untuk memudahkan calon pendaftar.
  12. Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Rekomendasi tersebut diisikan ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti Program Pascasarjana ITB.
  13. Pelunasan Biaya Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.
    • Besaran biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB
      • Peminat SBM ITB: Rp750.000,-  (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per pendaftaran
      • Peminat fakultas/sekolah selain SBM ITB: Rp600.000,-  (enam ratus ribu rupiah) per pendaftaran
    • Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di halaman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa.
    • Biaya pelaksanaan seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apa pun.

Setiap tahunnya Program Studi Magister Biomanajemen menjadwalkan dua periode pendaftaran mahasiswa baru:

  • Periode Perkuliahan Semester Ganjil (perkuliahan dimulai pada bulan Agustus)
    • Masa pendaftaran:
      • Februari- Juli (Dibuka dalam 3 gelombang pendaftaran)
  • Periode Semester Genap (perkuliahan dimulai pada bulan Januari)
    • Masa pendaftaran:
      • Oktober – Desember

Proses seleksi masuk di Program Studi Biomanajemen menekankan pada nilai Test Potensi Akademik (TPA), test kemampuan bahasa inggris (TOEFL/ELPT), serta test materi akademik (TMA) dan wawancara.

TMA dan wawancara diselenggarakan oleh Program Studi di waktu yang akan ditentukan. TMA difokuskan pada area multidisiplin: konsep dasar biologi, konsep dasar manajemen dan bisnis, dan pengetahuan lingkungan, sementara wawancara akan menekankan pada sejauh mana calon mahasiswa telah mengenal program studi Biomanajemen, memiliki minat pada topik penelitian tertentu, dan siap dalam menjalani perkuliahan selama kurang lebih dua tahun ke depan.

Materi Tes Tertulis
Materi berhubungan dengan isu-isu yang terkait dengan  biomanajemen yang mengerucut pada tiga keilmuan besar: Biologi, Pengetahuan, Lingkungan dan Ekonomi Manajemen.

Materi Tes Wawancara
1. Motivasi,
2. Arah penelitian yang ingin dikembangkan,
3. Wawasan calon mahasiswa: pemahaman bidang yang diminati dan alasan tentang minat penelitian (teoritik dan aplikatif),
4. Pengalaman dalam kerja kelompok/penelitian,
5. Pendanaan/sumber pembiayaan/sponsor,
6. Kendala non teknis.



		
X