Enter your keyword

Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT. Bio Farma

Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT. Bio Farma

Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT. Bio Farma


CSR merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap para pemangku kepentingan dan masyarakat yang berkaitan dengan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan sesuai dengan aktivitas perusahaan untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Di Indonesia pelaksanaan CSR merujuk pada regulasi pemerintah yang tertuang pada Undang-Undang No. 40 Pasal 74 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Aktivitas CSR kurang terkendali karena adanya perbedaan pemahaman baik dalam konsep maupun penerapannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program CSR di PT Bio Farma dan merekomendasikan strategi yang tepat sasaran dengan tujuan CSR. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Sukamulya, Sukabumi, salah satu lokasi implementasi CSR PT. Bio Farma yang berfokus pada budidaya koi. Metode kerja dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap evaluasi, menggunakan kerangka konseptual dengan analisis deskriptif dan rekomendasi teknis, serta tahap penyusunan rekomendasi dan strategi, menggunakan analisis SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai staf CSR, mengumpulkan data sekunder dan observasi langsung di Desa Sukamulya.

Berdasarkan sintesis kerangka konseptual, dari 17 kriteria, sebanyak 12 telah dipenuhi oleh implementasi CSR PT Bio Farma di Desa Sukamulya dengan hasil yang memuaskan. Analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi strategis CSR PT Bio Farma di Desa Sukamulya adalah Agressive. Berdasarkan hasil tersebut, maka usulan strategi pengembangan yang dapat diterapkan meliputi pengembangan pertanian terpadu yang terintegrasi dengan budidaya ikan koi, peningkatan produktivitas budidaya ikan koi dengan orientasi pasar dalam dan luar negeri dan pembukaan lapangan kerja yang baru berdasarkan potensi desa di bidang pertanian dan perikanan.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

X