Kurikulum

1 – 9 dari 17 mata kuliah

BP5101

Manajemen Biologis

Matakuliah ini membahas konsep-konsep dasar biologi dan menerapkan prinsip serta fungsi manajemen sebagai landasan bagi biomanajemen terutama karakteristik desain/blueprint organisme (keterbatasan organisme untuk tumbuh, berkembang, bereproduksi, senescence), riap (ekosistem), dan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamikanya.

BP5102

Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan

Matakuliah ini membahas stock and flow dalam kerangka ilmu mikro-ekonomi untuk pengambilan keputusan di perusahaan serta pengaplikasian prinsip-prinsip ekonomi dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan agar menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya dengan tetap menjaga kelestarian sumberdaya alam itu sendiri.

MM5100

Manajemen Usaha

Mata kuliah Manajemen usaha mempelajari Ruang lingkup, pengertian, peran dan arti penting manajemen usaha dan aspek kewirausahaan. Manajemen secara umum; Manajemen keuangan; Manajemen pemasaran; Manajemen operasi; Manajemen logistik, Manajemen sumberdaya manusia; Fungsi administrasi; Hubungan masyarakat.

BP5201

Etika Profesi

Matakuliah Etika Profesi mengajarkan kepada mahasiswa sikap ilmiah, berfikir logis dan dasar dasar etika. Matakuliah ini membahas kajian tentang Filsafat Etika, Bioetika (human and animal rights), Etika Lingkungan, Etika Bisnis, Kode Etik Profesi, dan Organisasi Profesi.Untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam, kuliah ini juga membahas kasus-kasus etika kerja, etika bisnis, etika dalam pemanfaatan produk hayati, etika pengajaran, dan etika penelitian.

BP5202

Studi Kasus Biomanajemen

Dalam matakuliah ini, para mahasiswa konsep berpikir dan memahami 7 area skill (Knowledge, Analytical skills, Application skills, Creative skills, Decision-making Skills, Communication skills, Social skills) yang terkait dengan metode kasus. Mahasiswa dilatih untuk bekerjasama dalam tim untuk melakukan analisis tentang suatu kasus nyata dalam lingkup biomanajemen.

BP5001

Perancangan Proyek Akhir

Matakuliah membahas metodologi penelitian yang biasa digunakan dalam bidang manajemen atau bisnis dan proses penyusunan proposal penelitian untuk Proyek Akhir. Topik-topik kunci meliputi: meliputi overview proses penelitian, metode pendekatan, teknik-teknik pengumpulan data primer dan sekunder, teknik-teknik analisis yang digunakan, analisis dan interpretasi data.Proyek Akhir yang dirancang harus berbentuk sistem kompleks dengan metode: Studi Kasus, Survey, dan/atau Eksperimen, dan lain-lain yang relevan.

BP5090

Proyek Akhir I

Dalam matakuliah ini, mahasiswa mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan proyek akhir. Persiapan meliputi survey pendahuluan (termasuk mencari lokasi pelaksanaan proyek akhir dan mendata sarana dan prasarana yang dibutuhkan), studi kelayakan, pengurusan perizinan, penyesuaian perancangan metodologi/ metode pendekatan yang akan digunakan, dan pengumpulan data.

BP6090

Proyek Akhir II dan Seminar

Pelaksanaan proyek akhir untuk mengkaji alternatif solusi dari permasalahan nyata biomanajemen sesuai rencana dalam proposal yang telah dibuat dalam matakuliah Perancangan Proyek Akhir, dengan penyesuaian metodologi berdasarkan kondisi di lapangan. Pelaksanaan penelitian meliputi pengambilan data primer melalui berbagai teknik dan analisis data.

BP6091

Tesis dan Sidang

Pelaporan kajian Proyek Akhir secara tertulis mengikuti format penulisan yang telah ditentukan. Mahasiswa menerima masukan dari para penguji dan peserta seminar untuk penyempurnaan tesis dan persiapan draft publikasi.