Berita

  • Ruang Seminar Lt.3 SITH ITB
    4 November 2016, 9.00 – 11.00 am
  • Ir. Wawan Hardiwinata, M.Si
    Dr. Elham Sumarga

4Nov

Industri kelapa sawit dan tantangan keberlanjutan

Seri kuliah umum kali ini mengambil topik tentang kontroversi seputar industri kelapa sawit dan tantangan untuk membangun perkebunan yang berkelanjutan. Kuliah umum ini menampilkan dua pakar di bidang kelapa sawit, Ir. Wawan Hardiwinata M.Si dari BPDP Kelapa Sawit yang memaparkan tentang upaya industri kelapa sawit dalam menjawab tantangan keberlanjutan, dan Dr. Elham Sumarga, staff pengajar SITH yang mendalami tentang permodelan dampak kelapa sawit terhadap lahan gambut di Kalimantan.

Diskusi berujung pada kesepahaman atas pentingnya penelitian yang mendalam tentang sejauh mana kelapa sawit memberikan ancaman bagi lahan gambut dan aspek sosial ekonomi masyarakat yang lebih luas, serta peran pemerintah di dalam memberikan koridor kebijakan untuk pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang lebih ramah lingkungan.

  • Ruang Seminar Lt.3 SITH ITB
    7 Oktober 2016, 9.00 – 11.00 am
  • Djoko Andi P. Prasetija, S.Si, MBA
    Presdir. PT. Sadya Balawan

7Okt

Menemukan peran ilmu hayati di dunia industri modern

Bapak Djoko Andi Prasetija adalah alumni Jurusan Biologi ITB yang mendalami usaha di dunia industri yang cukup luas. Melalui perusahaannya yang bergerak di bidang enzim, Bapak Djoko Andi mampu menyentuh berbagai bidang industri di Indonesia (perikanan, manufaktur, pangan, tekstil dan kertas) melalui pengetahuan dan pengalamannya di dalam pemanfaatan enzim dan mikroba.

Bapak Djoko Andi memaparkan beberapa kunci sukses berwirausaha di dalam lingkup bidang usaha berbasis sumberdaya hayati, dengan penekanan pada pemahaman atas konteks pertumbuhan dan dinamika pasar global dan perkembangan teknologi di era modern saat ini.

  • Gedung Kuliah Umum ITB Jatinangor
    9 September 2016, 9.00 – 11.00 am
  • Dr. Noorsalam R. Nganro
    Praktisi Biomanajemen

9Sep

Inspiring to become a bio-preneur

Seri Kuliah Umum Biomanajemen perdana diisi oleh Dr. Noorsalam Rahman Nganro, praktisi dan pakar di bidang pengelolaan sumberdaya hayati (biomanajemen). Dr. Nganro memulai karirnya sebagai staff pengajar di Jurusan Biologi, FMIPA ITB dengan kepakaran di bidang Biologi Laut. Karirnya berkembang seiring tanggungjawabnya sebagai Direktur Pusat Ilmu Hayati ITB, Ketua LPPM, Direktur Yayasan LAPI dan PT. LAPI, Direktur ICCTF, serta konsultan dan pelaku bisnis keanekaragaman hayati.

Kuliah umum Dr. Nganro berbicara tentang peran wirausaha di bidang biologi (bio-preneur) di dalam menerapkan prinsip-prinsip biologi di dalam mengembangkan model bisnis hayati yang terintegrasi dan berkelanjutan. Dr. Nganro memberikan contoh-contoh kasus melalui pengalamannya mengenai inovasi biologi yang mampu dibawa ke ranah bisnis dan cara untuk mengelolanya secara tepat.