Profil

Program Magister Biomanajemen

Program studi (prodi) Magister Biomanajemen, yang sebelumnya bernama program studi Pengelolaan Sumber Daya Hayati dan Lingkungan Hidup Tropika (PSDH & LH Tropika), diselenggarakan sejak tahun 1996. Program ini dirancang untuk merespons kebutuhan akan tenaga ahli professional yang mampu mengelola sumber daya hayati dan lingkungan hidup (SDH & LH) di kawasan tropika.

Mengingat karakteristika pengelolaan SDH & LH yang umumnya bersifat kompleks dan multidimensional, untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan menjaga keberlanjutan pemanfaatan serta kelestarian SDH & LH, dibutuhkan bentuk-bentuk pengelolaan yang memperhatikan aspek biologis sekaligus aspek-aspek yang lain seperti manajemen, teknologi, sosial, politik, ekonomi, hukum dan etika.

Kurikulum prodi Biomanajemen dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan pendekatan interdisiplin untuk mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan keberlanjutan, pemanfaatan, pengembangan nilai tambah serta pelestarian sumberdaya hayati tropika berbasis pengetahuan hayati; merencanakan, mengorganisasikan, mengevaluasi suatu unit pengelolaan sumberdaya hayati tropika serta mampu mengembangkan kapasitas kepemimpinan dan kewirausahaan secara mandiri.

Program Studi Biomanajemen terakreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: SK Ban-PT: 1226/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2016. Keputusan ini berlaku sampai dengan tanggal 21 Juli 2021.